Snapdragon Vs Mediatek, Mana yang Paling Oke?

Salah satu hal yang paling diperhitungkan ketika memilih sebuah smartphone tentunya adalah prosesor. Ketika berbicara tentang kinerja smartphone, semua orang tahu tentang faktor mana yang bergantung pada kinerja.

Nah, jika berbicara mengenai prosesor, maka prosesor yang menghidupkan perangkat Android yang cukup populer adalah Snapdragon Qualcomm dan MediaTek. Snapdragon Vs Mediatek manakah yang paling bagus? Apakah Snapdragon Qualcomm atau MediaTek? Anda bisa mengetahui pengertian dan karakteristik kedua prosesor di bawah ini.

 Snapdragon Vs Mediatek

Prosesor qualcomm terkenal karena seri snapdragonnya dan smartphone dengan jenis prosesor sangat populer hingga hari ini. Adapun prosesor yang terbaik di pasar adalah Snapdragon 820.

Snapdragon 820 adalah prosesor paling premium yang dapat ditemukan di beberapa smartphone terbaik saat ini. Beberapa ponsel pabrik Cina terbaik yang sudah menggunakan Snapdragon 820 beberapa di antaranya adalah  Xiaomi Mi 5, Zuk Z2, OnePlus 3 LG G5 Samsung Galaxy S7 Edge dan HTC 10.

Fakta bahwa Samsung telah beralih dari chip Exynosnya sudah cukup untuk berbicara tentang kualitas Snapdragon 820. Qualcomm saat ini memegang 65 persen pasar 4G LTE, dan sangat dominan di Cina, di mana 5 produsen terbesar menggunakan prosesor snapdragon seperti (Xiaomi, Huawei, ZTE, TCL, Lenovo).

Keuntungan utama dari Snapdragon 820 dibandingkan dengan model sebelumnya menonjol dalam kecepatan, konsumsi energi yang rendah, peningkatan grafis 40%. Kemampuan grafis adalah GPU Adreno generasi kelima (Adreno 530).

Selain seri 800, seri Snapdragons 600 juga berkualitas tinggi yang dapat ditemukan di smartphone kelas menengah, seperti Huawei P8 Lite, OPPO R5, HTC Desire 820 dan sejenisnya.

Berikut adalah karakteristik Snapdragon:

  1. Chipset paling aman karena penggunaan baterai sangat sedikit.
  2. Lebih sedikit panas dibandingkan dengan Intel atau MediaTek.
  3. Adreno, plug grafis yang diproduksi oleh Qualcomm, selalu menjadi bagian dari chipset ini.
  4. Tes patokan sering menunjukkan bahwa kinerja chipset Snapdragon lebih baik daripada yang lain.

Sementara MediaTek adalah produsen chipset Helio yang terjangkau namun kuat. Prosesor MediaTek dapat ditemukan terutama di smartphone Sony dan perangkat yang agak lemah oleh produsen Cina.

Keuntungan utama MediaTek atas Qualcomm dan Exynos adalah harganya yang bisa dua kali lebih rendah untuk kinerja yang hampir sama. Namun, kekurangannya tentu saja lebih kepada kecepatan yang tidak begitu baik.

Kritik terbesar untuk prosesor MediaTek adalah pemanasan yang sangat cepat dan jangkauan suhu tinggi.

Di antara model-model prosesor MediaTek terbaru adalah Helio X10, P10 dan X20. Dalam sebuah pengujian menunjukkan bahwa X20 hampir sama kualitasnya dengan Snapdragon 820 dan Exynos 8890, tetapi tetap saja tidak saja sulit disematkan pada smartphone kelas premium.

Salah satu dari beberapa perangkat yang lebih baik dengan menggunakan MediaTek P10 adalah Sony Xperia XA, sedangkan X20 ditemukan pada perangkat yang tidak begitu populer seperti Elephon, Zopo atau Doogee.

Helio X23 dan Helio X27 mempertahankan teknologi Layar MiraVision EnergySmart yang diduga mengurangi konsumsi baterai hingga 25%. Keduanya memiliki GPU yang sama dengan Helio X20 ARM Mali T880 MP4.

Adapun karakteristik MediaTek adalah :

  1. Chipset tidak mengkonsumsi baterai yang besar.
  2. Tingkat pemanasan yang lebih tinggi karena sejumlah inti prosesor.
  3. Chip grafis kecil yang tidak diproduksi oleh MediaTek terintegrasi dalam chipset ini.
  4. Secara umum chipset menawarkan lebih banyak core per prosesor.

Dari ulasan snapdragon vs mediatek bisa diambil kesimpulan, jika ingin mencari smartphone dengan harga yang terjangkau, maka pilihannya adalah menggunakan prosesor MediaTek, namun jika ingin smartphone yang premium, jawabannya adalah snapdragon. Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai gadget? Ke Hooba.id aja, yuk…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *