Spesifikasi Realme C11

Realme C11 merupakan smarthone entry level yang dihadirkan oleh Realme sebagai penerus Realme C2. Smartphone ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 1.599.000 untuk varian RAM 2 GB dan Rp 1.699.000 untuk varian RAM 3 GB.

Lantas, apakah harga yang disematkan pada smartphone ini sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan? Dan apakah smartphone ini layak dipertimbangkan sebagai pilihan di rentang harga 1.5 jutaan? Kami akan berikan sedikit ulasan sebagai bahan pertimbangan kamu sebelum membeli.

Review Singkat Realme C11

1. Desain

Smartphone ini mengusung desain yang terbilang cukup menarik, terutama dibagian kamera belakang yang memiliki desain kotak yang mirip-mirip dengan iPhone 11.

Untuk bahan body dan build quality-nya, sudah barang tentu kita tidak bisa mengharapkan sesuatu yang wah. Realme C11 ini hanya mengunakan bahan plastik polycarbonate pada bagian belakang body. Ini tentunya sesuatu yang wajar mengingat smartphone ini memang merupakan smartphone kelas entry level. Jadi sudah barang tentu kita tidak bisa mengharapkan smartphone dengan body berbalut alumunium atau kaca.

2. Layar

Pada bagian layar, realme C11 mengusung layar Full HD 6,5 inci dengan panel IPS LCD berresolusi 1.560 x 720 piksel dan rasio 20:9. Spesifikasi layarnya tidak buruk, namun juga tidak istimewa.

3. Kamera

Berbicara mengenai kamera, HP Entry-level dari Realme ini mengusung 3 kamera dengan rincian 2 kamera belakang yang masing memiliki resolusi 13 MP (F/2.2) dan 2 MP (F/2.4). Sementara di bagian kamera depan tersedia kamera dengan resolusi 5 MP (F/2.4). Kamera Real C11 juga mengusung fitur Potrait Mode, Chroma Boost dan Slo-mo Video.

4. Hardware

Dibagian chipset, Realme C11 merupakan HP Gaming murah pertama yang menggunakan chipset terbaru dari Mediatek yakni Helio G35. Seperti diketahui, chipset seri G dari Mediatek merupakan chipset terbaru yang hadir khusus untuk smartphone gaming.

Chipsset Helio G35 sendiri mengusung CPU Octa-core 2.3 GHz Cortex-A53 dikombinasikan dengan GPU PowerVR GE8320 (680 MHz). Untuk RAM sendiri tersedia 2 pilihan varian yakni 2 GB dan 3 GB.

5. Baterai

Mengusung jargon “Baterai Cadas, Seru Tanpa Batas”, Realme C11 ditenagai baterai dengan kapasitas yang besar, yakni 5000 mAh. Pihak Realme sendiri mengklaim bahwa baterai smartphone ini bisa bertahan hingga 40 hari dalam kondisi mode siaga (stand-by).

6. Slot Kartu

Bagian slot SIM Card ini cukup menarik, Realme C11 menggunakan Practical 3-Card Slot. Tersedia 2 slot Sim Card dan 1 slot untuk micro SD yang memungkinkan pengguna mengaktifkan 2 nomor sekaligus tanpa harus kehilangan slot micro SD. Tentunya fitur ini sangat cocok bagi Anda yang lebih dari 1 nomor HP yang aktif.

Performa Realme C11

1. Skor Antutu

Untuk skor Antutu dari smartphone ini berada di kisaran 100 ribuan, skor standar smarphone entry level.

2. Gaming Test

Beralih ke gaming test, kami melakukan uji coba pada 3 game yang cukup populer saat ini, yakni PUBG Mobile, Mobile Legend dan Free Fire.

  • Untuk PUBG Mobile, smartphone kurang kami sarankan karena hanya bisa di settingan paling tinggi Balance-Medium.
  • Untuk Mobile Legend, smartphone bisa menggunakan settingan High.
  • Untuk Free Fire bisa berjalan di grafis Ultra-High

Kelebihan Realme C11

  • Kapasitas baterai besar, 5000 mAh
  • Menggunakan prosesor terbaru Mediatek Helio G35
  • Menggunakan sistem operasi terbaru Android 10
  • Desain elegan layaknya smartphone kekinian
  • Kualitas kamera cukup bagus
  • Tersedia 3 slot kartu (2 SIM card dan 1 micro SD)
  • Tersedia fitur OTG
  • Tersedia face unlock

Kekurangan Realme C11

  • Belum mendukung¬†fast charging
  • Tidak tersedia sensor sidik jari

Kesimpulan

Secara garis besar, Realme C11 memiliki keunggulan dari sisi daya tahan baterai, hal tersebut membuat smartphone ini sangat cocok untuk penggunaan harian. Di lain sisi, jika Anda mencari smartphone untuk keperluan gaming, Realme C11 hanya cocok untuk bermain game ringan seperti misalnya Free Fire dan Mobile Legend. Untuk game berat seperti misalnya PUBG Mobile, Anda hanya bisa bermain PUBG Mobile di settingan mentok kanan balance-medium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *