Teknik Pengambilan Gambar Ala Fotografer Profesional

Buat kalian yang hobi foto, tentu perlu untuk mengetahui teknik pengambilan gambar saat memotret sebuah objek. Dengan mengetahui teknik-teknik pengambilan gambar, maka hasil foto kalian akan lebih bagus.

Hasil foto yang lebih bagus juga tentunya akan membuat feeds media sosial kalian jauh menjadi lebih keren.

Namun, terkadang hasil jepretan menggunakan teknik pengambilan  gambar tertentu seperti fotografer menyebabkan ukuran fotonya terlalu besar. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada banyak cara kompres foto.

Nah, penasaran apa saja teknik-tekniknya? Berikut 7 teknik pengambilan gambar ala fotografer.

1.Extreme Long Shot

Teknik foto ini mencangkup semua area frame yang sangat luas dan memasukkan berbagai objek di sekitar objek utamanya. Biasanya objek utamanya akan terlihat lebih  kecil, Karena teknik ini dominan memperlihatkan pemandangan yang ada. Teknik ini cocok dan biasa untuk digunakan prewedding.

2. Long Shot

Teknik ini memperlihatkan seluruh tubuh subjek untuk dimasukan di dalam frame. Gunanya agar semua badan dan ekspresi subjek dalam gambar terlihat keseluruhan tanpa terpotong.

3. Medium Long Shot

Mirip dengan teknik long shot, namun teknik medium long shot pengambilannya lebih dekat dan ada bagian yang tepotong. Pengambilan foto teknik ini biasanya mulai dari kepala hingga lutut.

4. Medium Shot

Teknik Medium shot ini lebih sempit lagi dari pada teknik medium long shot. Pengambilan gambar dari teknik ini dimulai dari kepala hingga pinggang. Biasanya teknik ini berguna untuk memperlihatkan ekspresi  dan gaya tubuh subjek.

5. Close Up

Teknik Close up ini diambil mulai dari di bawah bahu sampai kepala. Teknik pengambilan foto satu ini berfungsi untuk memperlihatkan lebih jelas lagi ekspresi dan mimik wajah subjek hingga kerutan yang ada. Fungsinya agar terlihat lebih dramatis.

6. Big Close Up

Teknik ini sama seperti teknik Close up namun lebih dekat lagi. Tujuannya agar memperlihatkan detail mimik dan ekspresi wajah subjek.

7. Extreme Close Up

Teknik ini biasanya fokus pada satu bagian objek tertentu dari subjek foto, Misalkan mata, telinga, atau bibir. Biasanya teknik ini banyak digunakan untuk gambar katalog seperti produk kosmetik.

Mungkin cukup itu saja informasi kali ini. Bagaimana, kalian suka pakai teknik foto yang mana? Tulis di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *