tempat menyimpan buku yang bagus

6 Ide Tempat Menyimpan Koleksi Buku

Mengoleksi buku terkadang menjadi tantangan tersendiri. Terlebih jika kolektor tidak memiliki ruang yang memadai untuk menyimpan koleksinya, apalagi untuk menyimpan rak.

Ada beberapa ide tempat menyimpan koleksi buku yang bisa anda lakukan meski tak ada rak penyimpanan khusus buku sekalipun.

1) Di Atas Meja

menata buku di atas meja

Setiap orang biasanya memiliki sebuah meja baik di kamar maupun ruangan lain di rumahnya. Meja di kamar biasanya bersifat serbaguna seperti menaruh lembaran kertas, make-up, atau benda-benda kecil lainnya.

Anda bisa menaruh koleksi buku anda di atasnya. Tentu, buku yang diletakkan haruslah rapi dengan cara ditumpuk. Jangan biarkan buku-buku anda berserakan di atas meja.

Bagi sebagian orang, cara ini memang klasik ketimbang menatanya di dalam rak buku. Anda bisa memberikan sentuhan lain dengan cara mengatur ketinggian buka pada setiap meja.

Misalnya meja yang terletak di sudut ruangan, berilah ketinggian yang berbeda pada tumpukan-tumpukannya jika papan meja berukuran besar. Anda bisa menambahkan sebuah frame foto atau vas di atasnya.

2) Di Samping Ranjang Tidur

menata buku di samping ranjang

Membaca buku sebelum tidur menjadi hobi sebagian orang. Ada yang merasa bahwa membaca membuat rileks dan menjadi ngantuk dalam waktu yang cepat. Ada juga yang memang hanya memiliki waktu luang sesaat sebelum tidur.

Jika anda hobi membaca buku pada saat malam hari, anda bisa menaruhnya di dipan tempat tidur atau di meja kecil samping ranjang.

Jika anda tidak memiliki nakas atau lemari laci kecil di samping ranjang, anda bisa juga membuat nakasa dadakan dengan menumpuk buku. Letakkan buku dengan hardcover di bagian paling bawah.

Kemudian susunan selanjutnya adalah buku dengan ukuran yang lebih kecil dan memiliki cover berbahan paperback. Nakas ini selain unik juga fungsional untuk menaruh lampu tidur kecil.

3) Di Lantai

Cara ini akan terkesan kreatif jika anda mampu memadukan estetika, sehingga tumpukan buku di lantai tidak menjadi berantakan. Anda bisa menaruh tumpukan buku di sudut-sudut ruangan.

Agar memudahkan pencarian nantinya, kelompokkan buku sesuai kategorinya. Jangan lupa untuk selalu merawat buku dan meembersihkan sudut ruangan. Buku yang kotor akan mudah rusak.

4) Di Kolong Tempat Tidur

Jika kolong tempat tiur anda memliki ruang yang cukup luas, anda bisa memanfaatkannya untuk menaruh koleksi buku yang dimiliki.

Hal ini mencegah buku berceceran dan juga menjadikan bawah tempat tidur menjadi lebih fungsional.

Tetapi, anda juga harus rajin untuk membersihkan kolong tempat tidur. Kolong yang kotor dan adanya tumpukan buku rawan menjadi sarang nyamuk.

5) Di Atas Kursi

Adakah kursi yang tidak digunakan di rumah?

Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti meja. Kemudian, letakkan tumpukan buku di bagian atasnya sehingga terlihat leebih rapi.

Kursi tersebut bisa ditaruh di sudut-sudut ruangan agar menambah estetika interior dari rumah anda.

6) Di Dinding

cara menata buku di dinding
rak buku dinding

Jangan biarkan dinding anda kosong dengan menambahkan sebuah papan serbaguna. Papan tersebut harus ditopang dengan bahan yang kuat seperti aluminum atau besi.

Lalu, letakkanlah buku-buku di atasnya. Selain menghemat ruangan, tumpukan buku juga bisa menjadi pajangan yang mempercantik ruangan anda.

Menemukan tempat untuk meletakkan koleksi buku sangat penting. Hal ini terkait dengan tata ruangan anda nantinya.

Ide tempat menyimpan koleksi buku di atas akan mengatasi ruangan anda dari kesan berantakan. Anda juga bisa membuat perpustakaan kecil-kecilan tetapi tetap menambah interior ruangan lebih bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *