tempat wisata di dieng

Tempat Wisata di Dieng

Pernahkah Anda mendengar tentang Dataran Tinggi Dieng? Terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, dataran tinggi ini telah menjadi tujuan ideal dari pelarian kota besar. Ini menawarkan campuran alam, warisan dan tempat-tempat pariwisata. Ada beberapa danau yang menakjubkan, perbukitan, pemandangan yang mempesona, serta perkebunan teh dan kopi yang mengasyikkan.

Cara menuju Dataran Tinggi Dieng dari Jakarta

Jarak Jakarta dan Dataran Tinggi Dieng sekitar 355 km. Dari mereka yang ingin pergi ke Dieng dari Jakarta berikut beberapa pilihan menuju ke sana, check it out dan pilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda:

1. Dengan bus

Perjalanan akan memakan waktu sekitar 10-15 jam dan bisa lebih lama di akhir pekan. Bus akan berhenti di terminal bus Mendolo dan dari sini Anda harus naik bus yang lebih kecil ke Dataran Tinggi Dieng. Ini adalah cara termurah dan hanya berharga sekitar Rp 250.000.

2. Dengan kereta api

Kereta bisa jadi pilihan lain. Perjalanan akan dimulai dari Stasiun Pasar Senen ke Purwokerto sekitar 4-5 jam. Setelah itu, Anda perlu naik bus kecil jurusan Purwokerto-Wonosobo.

Dari mereka yang bepergian dari kota besar, Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan di sepanjang jalan. Perjalanan satu jam akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan pegunungan yang kehijauan dan menyegarkan. Biayanya sekitar 350.000

3. Sewa Mobil

Jika Anda memiliki budget yang cukup, jangan ragu untuk sekedar menyewa mobil dengan supir. Banyak aplikasi seperti Traveloka kini memiliki fitur sewa mobil yang memungkinkan Anda untuk menyewa mobil kapan saja.

Tempat Menginap di Dieng

Ada banyak sekali homestay yang bisa Anda pilih. Harga tersedia sesuai budget Anda, mulai dari 100.000 / malam. Namun jika datang dalam rombongan tour lebih baik menyewa rumah karena akan lebih murah.

Jika ingin menginap di Dieng lebih baik mencari hotel di kota wonosobo. Itu dekat kota dan ada lebih banyak restoran yang dapat Anda kunjungi. Kami merekomendasikan tiga hotel terbaik di Wonosobo untuk setiap budget:

  • Ortegha Homestay untuk Budget Traveler
    Pondok Bamboo Sendangsari – Budget / Mid Range
    Kresna Gallery Hotel untuk Mid Range

Tempat Wisata di Dieng

Menjadi salah satu dataran tinggi Jawa, Dieng merupakan tempat terpencil yang cukup jauh dari jalur wisata, namun masih banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Dieng. Inilah spot-spot favorit wisatawan di Dieng yang harus Anda kunjungi saat ada kesempatan.

1. Telaga Warna

Telaga Warna dan Telaga Pengilon adalah tempat yang tepat untuk dijelajahi. Ini adalah danau yang luar biasa dengan nuansa hijau, biru, putih, dan ungu, sedangkan Telaga Pengilon, warna yang cukup normal dengan air yang jernih. Uniknya, airnya tidak tercampur.

Selain itu, Gua Sumur juga bisa dikunjungi. Gua tersebut berada di dalam kompleks telaga Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Ada dua tempat di mana Anda bisa menikmati danau dari atas. Pertama dari bukit Sidengkeng Petak 9 Dieng dan sisi lainnya dari Batu Pandang Dieng.

2. Kawah Sikidang Dieng

Sikidang berasal dari “Kidang” (rusa). Dinamakan demikian karena kawah induk terus berpindah-pindah tempat, layaknya seekor rusa.
Kawah Sikidang

3. Kompleks Candi Arjuna

Candi Hindu ini memang tidak sebesar Borobudur atau sepopuler Prambanan, namun kompleks Candi Arjuna lebih tua dari keduanya. Dibangun pada abad ke-7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *