Tips Bicara Didepan Umum

Dijaman sekarang kemampuan untuk bicara didepan umum seakan sudah menjadi kemampuan wajib untuk setiap orang, terutama dalam ruang lingkup pekerjaan.

Baik dalam level pekerjaan yang rendah maupun tinggi skill ini sangat dibutuhkan untuk menjalin komunikasi dalam dunia kerja.

Apalagi biasanya kemampuan ini di jadikan syarat untuk dapat diterima kerja di perusahaan-perusahaan besar.

Namun skill ini jarang yang mempunyai nya dari lahir, skill public speaking ini biasanya terbentuk dari jam terbang yang tinggi serta banyaknya latihan.

Tapi tidak perlu minder dulu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika kamu masih takut,minder atau malu ketika berbicara di depan umum. yaitu :

Siapkan materi dengan matang

Sebelum maju kedepan dan mulail berbicara di depan umum, pastikann kamu sudah menguasai materinya terlebih dahulu.

Biasanya orang takut bicara di depan umum karena belum terlalu menguasai materi, al hasil gugup dan kacau presentasinya.

Jadi hafalkan dulu materinya persiapkan dengan matang, jika sudah begitu pasti akan membuatmu lebih percaya diri untuk maju ke depan.

RIlekskan pikiran sebelum mulai berbicara

Ketika sudah dipersilahkan berbicara didepan umum, biasanya perasaan gugup dan pikiran-pikiran tentang hal buruk atau memalukan yang mungkin terjadi mulai menghampiri.

Padahal itu semua hanyalah pikiranmu dan faktanya hal itu tidak terjadi.

Nah untuk membuat pikiranmu rileks, coba untuk menarik nafas yang dalam sebelum mulai berbicara dan berikan effort serta energi positif untuk menyapa para audience.

Tapi ada satu hal yang harus kamu ingat, jangan terlau lama ketika menarik nafas dan melakukan persiapan, ini akan membuat para audience bahwa kamu adalah orang yang sedang gugup.

Lihat ke arah audience, jangan ke langit-langit apalagi lantai

Pastikan ketika kamu berbicara lakukan kontak mata sesekali dengan audience dengan ini mereka akan merasa lebih dihargai dan di anggap ada.

Jangan justru malah menghadap ke langit-langit apa lagi ke lantai, selain membuat tidak nyaman audience mereka juga tidak akan bisa menikmati apa yang sedang kamu bicarakan.

Namun jika kamu justru malah minder ketika menatap langsung mata para audience, jangan tatap matanya langsung bisa kamu pandang jidat maupun alisnya.

Meskipun begitu para pendengarmu tetap akan merasa bahwa kamu sedang menatap matanya langsung.

Bicara dengan santai saja, terlalu cepat malah akan membuatmu tambah gugup

Begitu mulai berbicara, biarkan perkataanmu mengalir dengan sebagaimana jalannya materi yang sudah kamu kuasai.

Dengan begitu audience akan dengan mudah menerima materi yang kamu sampaikan dan merasa nyaman denganmu sebagai pembicara.

Dan ingat jangan terlalu cepat berbicara hal ini membuat audience mengetahui kegugupanmu dan lebih jauh lagi mereka akan merasa bahwa kamu tidak terlalu menguasai materi.

Gugah perasaan audience membuat suasana lebih hidup

Ketika berbicara didepan umum. pastikan anda sudah menyiapkan materi yang biasanya diisi pula dimana harus ada tambahan menarik untuk membangkitkan “emosi” para audience.

Sebagai contoh pastikan kamu pernah bercerita penuh effort dan emosi ketika menceritakan film bagus yang sudah kamu tonton kepada temanmu.

Dan temanmupun sangat antusias dan mendengarkan dengan seksama apa yang kamu ceritakan.

Nah seperti itu pula bagaimana cara berbicara didepan umum yang baik.

Itulah beberapa tips untuk melatih skill public speaking kamu,untuk artikel seputar pengembangan diri menarik bisa kamu kunjungi situs Literasikan.

Disitu membahas banyak hal tentang pengembangan diri yang akan membantumu menjadi pribadi baik yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *