tips menggunakan kamera mirrorless

Tips Menggunakan Kamera Mirrorless

Jika Anda seorang fotografer pemula, barangkali Anda akan langsung tertuju pada kamera DSLR sebagai media fotografi Anda.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa selain DSLR ada kamera mirrorless yang perlu Anda pertimbangkan. Jika Anda masih belum familiar dengan kamera mirrorless tersebut, maka ada baiknya Anda menyimak beberapa tips menggunakan kamera mirrorless khusus bagi pemula.

1. Kenali kamera mirrorless terlebih dahulu.

Sebelum Anda menggunakan kamera mirrorless, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu apa saja perbedaan kamera mirrorless dengan kamera-kamera lainnya.

Pertama, kamera mirrorless tidak memiliki cermin di dalamnya. Hal ini menjadikan kamera mirrorless akan mneruskan cahaya langsung ke sensor tanpa perlu dipantulkan lagi. Dengan demikian akan memudahkan fokus kamera.

Di samping itu, dengan tidak memiliki cermin di dalamnya, maka kamera mirrorless bebas dari adanya getaran ketika Anda melakukan pengambilan foto.

Berikutnya, kamera mirrorless mempunyai viewfinder elektronik yang berarti bahwa apa yang Anda lihat di lensa merupakan hasil akhir bidikan Anda.

Kamera mirrorless juga memiliki ukuran yang kecil, sehingga membuat kamera tersebut mudah dibawa kemana-mana.

Dengan ukuran yang kecil, kamera mirrorless juga memiliki ukuran baterai yang kecil pula. Meskipun demikian, kamera mirrorless tetap memiliki sensor yang besar serta fokus yang tinggi.

Ditambah lagi kamera mirrorless mempunyai viewfinder elektronik dan stabilizer yang membuat daya kamera mirrorless menjadi sangat besar.

Dengan demikian, maka sebaiknya Anda tetap mengusahakan untuk membawa baterai cadangan kemana-mana. Jangan lupa untuk menggunakan kartu memori yang cepat agar menghemat daya baterai kamera serta mengeluarkan baterai jika sedang tidak terpakai.

Untuk mengenali kamera mirrorless ini bisa pula Anda coba dengan cara melihat review dari website maupun YouTube bila belum memilikinya atau mencoba kamera teman Anda. Perihal website review kami merekomendasikan untuk mencarinya di rekomended.com. Untuk topik kamera mirrorless Anda bisa mengeceknya pada kategori Tekno.

2. Jangan lupa gunakan hand strap.

Dalam menggunakan kamera mirrorless, ada baiknya Anda mengenakan hand strap. Dengan menggunakan hand strap, maka Anda akan mengurangi risiko kamera mudah jatuh.

Di samping itu, dengan menggunakan hand strap maka akan dapat memastikan kamera mirrorless Anda selalu berada di tangan dan aktif digunakan.

3. Ambilah gambar dengan tujuan.

Tips berikutnya bagi Anda yang ingin belajar fotografi dengan kamera mirrorless ialah agar coba membiasakan diri untuk mengambil gambar dengan tujuan.

Hal ini dikarenakan bahwa kamera mirrorless seidkit lebih lamban dalam melakukan jepretan atau pemrosesan foto. Belum lagi ketika Anda ingin mengambil gambar bergerak seperti halnya suasana jalanan.

Untuk itulah, Anda tidak diperkenankan untuk asal melakukan penjepretan gambar atau objek bidikan Anda seperti halnya melakukan bidikan dengan kamera DSLR.

Di samping itu, dengan melakukan pengambilan gambar sesuai dengan tujuan juga akan menghemat daya tahan baterai Anda.

4. Praktikan bidikan Anda sekarang juga.

Tips terakhir bagi Anda yang ingin belajar fotografi menggunakan kamera mirrorless ialah dengan langsung mempraktikannya sekarang juga. Dengan praktik langsung dan rutin melakukannya, maka Anda akan terbiasa.

Cobalah untuk meluangkan waktu Anda guna melakukan eksperimen fotografi. Terlebih lagi bagi Anda yang sudah memiliki kamera mirrorless, maka akan mudah membawanya kemana-mana.

Adapun rekomendasi kamera mirrorless yang cocok untuk Anda sebagai pemula fotografer ialah kamera mirrorless Fujifilm X-T2.

Fujifilm X-T2 memiliki kapasitas sensor yang cukup tinggi serta prosessor yang cukup cepat bagi seorang pemula seperti Anda.

Belum lagi auto fokus yang dimiliki oleh kamera mirrorless ini hampir setara dengan kamera DSLR yang high-end.

Beberapa tips menggunakan kamera mirrorless tersebut sekiranya dapat memberikan pengetahuan pada Anda untuk berani belajar fotografi menggunakan kamera misrrorless.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *