tips modifikasi motor matic

Tips Modifikasi Motor Matic

Di negara kita sendiri terdapat berbagai macam varian motor, mulai dari sport, adventure, bebek dan matic. Nah, pembahasan kali ini yang akan kita ulas adalah tips melakukan modifikasi pada motor matic. Motor matic adalah sepeda motor yang sistem transmisi nya menggunakan Vanbelt-Automatic. Fungsi V-Belt sendiri seperti rantai, dimana V-Belt ini bekerja untuk menggerakkan roda bagian belakang. Selain dari cara kerjanya yang terlihat praktis, motor matic ini termasuk ke dalam golongan sepeda motor yang mudah untuk digunakan. Itulah alasan kenapa kebanyakan masyarakat di Indonesia gemar dengan motor matic. Seperti yang kita ketahui, di Indonesia memiliki pabrikan motor ternama seperti Yamaha, Honda dan suzuki. Masing-masing dari pabrikan tersebut memproduksi motor matic. Diantara teman-teman semua, kesehariannya ada yang menggunakan motor matic? Pasti! Berikut tips modifikasi motor matic yang baik dan benar.

Modifikasi Bagian Mesin

Teruntuk kamu yang saat ini ingin memodifikasi mesin motor matic, sebaiknya ketahui dulu soal spesifikasi mesin yang ingin di modifikasi. Kenapa seperti itu? Agar tidak salah dalam melakukan modifikasinya. Mayoritas dari pecinta otomotif yang melakukan perubahan pada bagian mesin motor, tujuan mereka tak lain hanya untuk meningkatkan performa mesin motor tersebut. Misal kamu sedang modifikasi Nmax bagian mesinnya. Nah sebelum melakukannya, ada beberapa poin yang emang perlu diperhatikan. Informasi lengkapnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Jangan Membongkar Bagian Mesin

Ketika sedang melakukan modifikasi motor, diusahakan jangan dulu membongkar mesin secara langsung. Kenapa? Sebab bisa beresiko tinggi terhadap kerusakan mesin secara keseluruhan. Lalu bagaimana alternatifnya? Yaitu pahami dulu apa kebutuhan yang memang sedang dibutuhkan oleh pemilik motor. Jika hanya untuk harian, maka jangan sesekali membongkar mesin secara keseluruhan, namun bongkar beberapa komponen saja yang emang akan diganti dengan part after market.

Ganti Komponen Mesin

Ketika sedang melakukan modifikasi mesin terhadap motor matic, alangkah baiknya langsung saja mengganti komponen pabrik dengan after market. Diluaran sana banyak berbagai macam merk yang bisa kamu pilih. Misal seperti KTC, TDR, DAYTONA, TK, BRT, Kawahara dan masih banyak lagi. Apa saja yang harus diganti? Kembali lagi ke kebutuhan pribadi. Jika hanya untuk pemakaian harian, maka ganti saja bagian pinggirannya. Apa saja? CVT, bubut rumah roller, per CVT, roller, kampas kopling ganda, per kampas kopling. Dengan mengganti komponen di atas, motor matic kamu sudah memiliki akselerasi dan power yang tinggi.

Dikerajakan dengan Mekanik Handal

Modifikasi mesin itu tidak mudah, maka untuk melakukannya diusahakan dikerjakan oleh ahli dibidangnya. Kenapa begitu? Karena mesin ini adalah komponen yang sangat vital, maka butuh ketelitian, keuletan dan kerapihan dalam memodifnya. Jika dikerjakan oleh mekanik yang belum mahir pada bidang ini, tak dipungkiri bahwa mesin motor bisa rusak begitu saja. Hal ini tentu saja tidak diinginkan bukan? Tujuan dari memodifikasi mesin kan ingin mendapatkan performa yang bagus, bukan begitu?

Modifikasi Desain pada Motor Matic

Beralih ke bagian desain tampilan motor, hal ini merupakan bagian penting juga dari modifikasi motor matic. Setiap orang yang memodifikasi motor pasti menginginkan tampilan motor tersebut terlihat menarik dan tidak membosankan, bukan begitu? Untuk memperoleh tampilan keren, ada beberapa hal yang memang perlu kita perhatikan.

Penggunaan Warna Body

Warna adalah poin penting yang memang harus diperhatikan, sebab dari warna ini sangat berpengaruh terhadap tampilan motor. Oleh karena itu, usahakan menggunakan warna yang bagus. Kira-kira warna apa yang bagus untuk modifikasi motor matic? Banyak, jika bingung bisa googling sendiri.

Penerapan Sparepart After Market

Selain penggunaan warna body yang tepat, penerapan sparepart after marketpun dapat membuat tampilan motor terlihat lebih keren. Misal mengganti velg orisinil dengan after market, seperti RCB, TDR, TK dan masih banyak lagi. Tak hanya velg, kamupun dapat mengganti bagian knalpot, spion, stang, shokbreaker dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *