Urutan Versi Android

Android merupakan sistem operasi berbasis mobile yang secara umum digunakan pada perangkat Smartphone maupun tablet. Selain di Smartphone, ada juga yang versi dekstop misalnya remix OS. Berbagai versi Android telah dirilis untuk meningkatkan perfomanya, mungkin Anda adalah salah satunya yang menggunakan sistem operasi Android.

Sistem operasi ini berbasis dari versi modifikasi sistem operasi open source Linux Kernel. Selain itu, sistem operasi Android ini juga digunakan untuk konsol game, komputer personal, kamera digital, dan juga perangkat elektronik lain.

Berikut ini urutan versi Android mulai dari pertama diluncurkan pada tahun 2008 hingga yang terbaru tahun 2020 yang kami kutip dari piwiq.com. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Android 1.0 Alpha

Urutan versi Android yang pertama adalah Android 1.0 Alpha, Android 1.0 Alpha ini pertama kali dirilis pada September 2008 dan tidak ditujukan untuk kebutuhan komersial. Walaupun belum dirilis secara komersial, versi Android ini telah dilengkapi dengan fitur dukungan akses Web Browser, Streaming YouTube, pemutar media, Google Map, dan sinkronisasi dengan Aplikasi Google lainnya.

2. Android 1.1 Beta

Android kembali merilis versi terbarunya Pada Februari 2009 yakni Android 1.1 Beta, Android 1.1 Beta sendiri hanya diperuntukan untuk satu perangkat. Pembaruan ini dilakukan untuk memperbaiki bugs dan meningkatkan beberapa fitur seperti rincian lokasi pada Aplikasi Maps dan juga fitur menyembunyikan dan menampilkan tombol panggilan.

3. Android 1.5 Cupcake

Sejak awal peluncuran Android Cupcake pada 30 April 2009 berbasis Linux kernel 2.6.27, Android mulai menamai versi selanjutnya dengan nama makanan manis kepada setiap versi Android yang dirilisnya. Berbeda dengan versi sebelumnya, Android Cupcake ini diperkenalkan secara komersial.

4. Android 1.6 Donut

Selang beberapa bulan, Android kembali merilis versi terbaru pada 15 Septermber 2009 yaitu Versi Android 1.6 Donut berbasis Linux kernel 2.6.29. Menariknya, Android 1.6 Donut telah menambahkan beberapa fitur seperti persentase daya baterai, dukungan gestur, fasilitas pencarian di Android market atau yang sekarang kita kenal dengan Play Store.

5. Android 2.0 Éclair

Hanya berselang 1 bulan, Android kembali melakukan pembaruan untuk memperbaiki bug dan memperkaya fiturnya. Android Éclair dirilis pada 26 Oktober 2009, Éclair sebenarnya tidak hanya ada pada seri 2.0 saja. Seri selanjutnya yakni 2.0.1 dan 2.2 juga masih memiliki kode bernama Éclair.

6. Android 2.2 Froyo

Versi Android 2.2 Froyo resmi diluncurkan pada 20 Mei 2010. Pada tingkatan ini juga terdapat Aplikasi terpasang yang bisa disimpan pada memori eksternal. Sedangkan Froyo untuk tingkat selanjutnya, 2.2.1, 2.2.2, dan 2.2.3 hanyalah versi yang memperbaiki setiap bug yang ada.

7. Android 2.3 Gingerbread

Versi Android 2.3 Gingerbread dirilis perdana pada 6 Desember 2010 dengan membawa tampilan UI yang lebih sederhana dan cepat. Pada versi ini tidak bisa diragukan lagi karena Android telah menjadi sistem operasi mobile yang populer.
Mulai dari nama versi Android Gingerbread, banyak Brand Smartphone yang mulai melirik menggunakan sistem operasi Android ini. Salah satunya adalah Samsung Galaxy series yang sangat populer hingga saat ini.

8. Android 3.0 Honeycomb

Versi Android selanjutnya adalah versi 3.0 Honeycomb yang diperkenalkan pada 22 Februari 2011. Android Honeycomb merupakan generasi pertama Android yang dioptimalkan secara khusus untuk perangkat tablet yang berbasiskan Linux Kernel 2.6.36.
Android Honeycomb memiliki fitur seperti dukungan prosesor multi core, dukungan obrolan video dengan Google Talk dan percepatan saat berpindah Aplikasi yang sedang berjalan dengan fitur multitasking recent apps.

9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Selang beberapa bulan sejak peluncuran Honeycomb, Android kembali meluncurkan versi terbarunya yaitu Android 4.0 Ice Cream Sandwich pada 19 Oktober 2011. Versi ini membawa fitur yang dimiliki oleh Honeycomb untuk bisa berjalan pada Smartphone yang sebelumnya hanya ditujukan untuk tablet.

10. Android 4.1 Jelly Bean

Sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean ini pertama kali dirilis pada Juni 2012 dengan membawa sejumlah peningkatan terutama di sektor pengolahan grafis. Pengembangan dari versi Jelly Bean ini lebih berfokus terhadap peningkatan performa tampilan antarmuka.
Fitur terbaru Android 4.1 Jelly Bean adalah keyboard yang bisa dikostumisasi oleh pengguna dan dukungan gestur pada keyboard, UI yang lebih smooth, dukungan tampilan nirkabel, widget yang bisa diatur dan disesuaikan ukurannya.

11. Android 4.4 KitKat

Android 4.4 KitKat pertama kali dirlis pada 31 Oktober 2013, Pada versi ini Android meningkatkan optimalisasi dengan memberikan fitur yang lebih baik. Beberapa fitur yang disematkan pada versi ini adalah kemampuan untuk mode imersif supaya navigasi dan status bar tetap tersembunyi.

12. Android 5.0 Lollipop

Versi Android selanjutnya adalah versi 5.0 Lollipop, versi ini dirilis pada 25 Juni 2014. Pada versi ini Android tidak hanya menjadi sistem operasi pada perangkat smartphone, namun juga telah berjalan pada perangkat mobile lainnya seperti Android TV dan juga Google Fit.
Peluncuran Android Lollipop menunjukkan bahwa Google berfokus mengintegrasikan secara sempurna Android. Sehingga Android dapat digunakan di perangkat apapun dengan lebar dan resolusi layar tingkat berapapun.

13. Android 6.0 Marshmallow

Android 6.0 Marshmallow diperkenalkan pada 5 Mei 2015. Sebenarnya untuk tampilan interface, versi Android Marshmallow tidak jauh berbeda dengan versi Android Lollipop, namun Android Marshmallow sudah mendukung mode display dengan resolusi 4K untuk beberapa aplikasi. Selain itu, versi ini juga mendukung MIDI untuk instrumen musik.

14. Android 7.0 Nougat

Android 7.0 Nougat Diperkenalkan pada 19 Oktober 2016, Android ini memberikan banyak sekali peningkatan fitur. Selain itu, Android Nougat juga menambahkan beberapa fitur lain seperti dukungan cahaya malam atau mode malam, keyboard default yang dapat mengirim animasi GIF langsung dan dukungan panggilan multi-endpoint.

15. Android 8.0 Oreo

Android 8.0 Oreo diluncurkan pada Agustus 2017, Android Oreo menjadi sistem operasi Android yang banyak digunakan pada beberapa Smartphone, salah satunya mungkin Smartphone yang Anda gunakan saat ini.
Pembaruan pada versi Oreo ini membawa beberapa fitur seperti fitur Autofill yang memberikan kemudahan dalam mengisi formulir misal, dukungan gambar dalam gambar dan pengoptimalan booting agar lebih cepat.

16. Android 9.0 Pie

Android 9.0 Pie adalah versi Android terbaru yang dirilis pada Agustus 2018. Fitur unggulan yang dimiliki oleh Android Pie ini adalah kemampuan AI atau kecerdasan buatan. Sistem operasi Android ini memberi banyak perubahan, terutama untuk Smartphone dengan desain terbaru.
Dengan fitur AI Smartphone Anda akan menganalisa dan mempelajari pola pemakaian Anda menggunakan Smartphone secara otomatis. Selain itu, fitur lainnya yang diusung seperti Adaptive Brightness yang akan menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis dan dukungan pada ponsel bezel less.

17. Android 10

Versi Android terbaru diberi nama Android 10 untuk memperingati bahwa Android telah mencapai 1 dekade secara komersial. Versi Android 10 lebih berfokus pada penyempurnaan mode malam atau gelap serta peningkatan fitur sound amplifier untuk mengatur kualitas audio.

Itulah beberapa ulasan yang membahas tentang urutan versi Android dari awal rilis hingga yang paling terbaru. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *