Usaha-Es-Batu-Rumahan

Usaha Es Batu Rumahan

Terkadang es batu memang terlihat sepele, karena cara membuatnya sangat mudah dan banyak dijumpai dimana-mana.

Namun tahukah Anda, meskipun terlihat sepele es batu ini bisa membuat seseorang menjadi jutawan? Hal ini karena produksi es batu mempunyai peluang usaha yang sangat besar.

Jadi bagi Anda yang ingin bisinis tapi tidak mau ribet, produksi es batu bisa jadi pilihan Anda. Hampir semua industri kuliner seperti kafe, restoran, warung kecil, membutuhkan es batu sebagai pelengkap minuman.

Di Indonesia saja, jumlah bisnis di industri kuliner selalu meningkat setiap tahunnya. Jika Anda masih pemula dan belum memiliki modal banyak, Anda bisa mencoba usaha es batu rumahan dengan modal kulkas di dapur saja.

Mengenal Bisnis Es Batu Rumahan

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda bisa memulainya dari rumah dengan modal kulkas biasa. Apalagi jika Anda memiliki kulkas dengan pencetak es otomatis, hal itu akan membuat produksi es menjadi lebih praktis. Bisnis ini termasuk bisnis yang tak lekang oleh waktu, karena es batu akan selalu dibutuhkan.

Jika Anda ingin memulai usaha rumahan, Anda harus melihat potensi di lingkungan tempat tinggal. Apakah di sana akan banyak orang yang butuh es batu atau tidak, jika tidak maka Anda bisa mencari mitra atau langganan terlebih dahulu.

Modal yang dibutuhkan pun bisa disesuaikan, apakah dalam jumlah kecil atau besar, semuanya tergantung perhitungan Anda.

Di lingkungan rumahan, biasanya orang akan banyak membutuhkan es batu untuk membuat takjil ketika bulan puasa.

Selain itu Anda juga bisa mencari penjual minuman di sekitar rumah, untuk diajak kerja sama dengan usaha es batu Anda. Namun jika sudah bertekad untuk membesarkan bisnis rumahan ini, Anda bisa membeli mesin otomatis seharga 5-15 jutaan.

Persiapan Memulai Usaha Es Batu Rumahan

Dalam memulai bisnis, tentunya harus ada hal-hal yang diperhatikan sebagai persiapannya.

Begitu juga dengan usaha es batu rumahan ini, Anda harus menyiapkan dan memperhatikan beberapa hal berikut ini yang telah kami dapatkan dari BukuWarung, agar usaha Anda semakin lancar. Simak uraiannya:

1. Bahan Baku Es Batu

Bahan baku es batu tentunya adalah air mineral yang matang, jadi sebelum memulai bisnis pastikan Anda memiliki pengairan yang lancar di rumah. Perlu diingat bahwa Anda harus memproduksi es batu dengan air matang, demi menjaga kualitas produk bisnis Anda.

2. Harga Jual Es Batu

Rata-rata harga jual es batu di pasaran yaitu sekitar 2000-5000 perbungkusnya, harga ini cukup menguntungkan bagi Anda yang bermodalkan kulkas rumah.

3. Promosi

Promosi es batu akan lebih efektif jika dilakukan di lingkungan sekitar rumah, karena sifat es batu yang mudah cair membuatnya tidak dapat dikirim terlalu jauh. Anda bisa mencari restoran atau kedai minuman sekitar, dan menawarkan kerja sama dengan mereka.

4. Kelebihan Usaha Es Batu

Kelebihan dari usaha es batu rumahan, yaitu kemudahan dalam memasarkannya. Apalagi jika Anda menjual es batu jenis kristal, maka peminat dan keuntungannya akan semakin banyak.

5. Kekurangan Usah Es Batu

Kekurangan dari bisnis ini, yaitu ketika musim hujan tiba maka penjualan akan menurun. Namun penurunannya tidak drastis, karena saat musim hujan masih banyak juga orang yang menyukai minuman dingin.

Usaha es batu rumahan memang menjadi bisnis yang cukup mudah dalam produksinya, namun Anda harus mengerahkan usaha ekstra dalam promosinya. Jika promosi sudah berhasil, maka keuntungan yang didapat bisa jutaan rupiah dari hanya bermodalkan air mineral dan kulkas di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *