wisata baturaden

Wisata Baturaden

Wisata Alam Baturaden, Sejuk, Indah, Alami, dan Romantis merupakan satu dari 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas. Baturaden juga menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banyumas. Terletak 14 km sebelah utara Purwokerto, di kaki Gunung Slamet, Baturaden menawarkan udara segar-sejuk, keajaiban alam dan petualangan yang dapat menyegarkan pikiran dan jiwa Anda.

Baturaden adalah kota kecil. Berpergian seharusnya tidak terlalu mahal. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar kota dalam 5 menit. Plus, Anda juga akan mendapatkan kesegaran udara sejuk kaki Gunung Slamet.

Berdasarkan cerita rakyat setempat, nama Baturaden berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa; Batur yang artinya sahabat, pembantu dan Raden yang artinya bangsawan. Diceritakan bahwa ada seorang putri raja yang ajtuh cinta pada pembantunya.

Pasangan itu memiliki hubungan cinta rahasia, tetapi ayah putri mengetahuinya, dan mengusir mereka berdua keluar istana. Akhirnya, mereka menemukan tempat yang indah dan memutuskan untuk tinggal di sana. Mereka menamakan tempat itu Baturaden.

Dengan keindahan alam dan pemandangannya yang indah, Baturaden berdiri sebagai salah satu tujuan wisata paling menonjol di kawasan ini. Tidak hanya itu, dikutip dari Sudutnusantara.com bahwa wisata Baturaden merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Purwokerto lho!

Wisata Baturaden

Nuansa

Baturaden terkenal dengan pariwisata lokalnya; dengan atraksi pemandian air panas, trekking dan camping. Daya tarik utama wisatawan adalah Loka Wisata Baturade, Taman rekreasi dengan kolam renang, seluncuran air, danau, tempat bermain anak-anak dengan komedi putar Belanda Kuno, mata air panas mineral dan Kebun Raya.

Kita bisa datang untuk menghabiskan waktu seharian, piknik di halaman rumput atau menyusuri sungat dan mandi di perairan mineral yang mengandung belerang. Pemandian air panas alami di wisata Baturaden ada dua yaitu Pancuran Telu dan Pancuran Pitu.

Taman ini terhubung dengan “Pancuran Tuju” (Tujuh Air Mancur) mata air belerang hangat sekitar 2,5 km jauhnya. Tempat perkemahan itu disebut Wana Wisata. Ada 76 hotel mulai dari yang berbintang hingga yang sederhana untuk bermalam. Kita bisa pergi perum yang berkokoh ada satu rumah elit di kota ini.

Spot Terbaik Wisata Baturaden

  • Pancuran Pitu, Kompleks Wanawisata Baturaden (4 km dari pusat kota Baturaden). Sorotan yang harus dikunjungi dan objek wisata paling terkenal di kota. Menampilkan mata air panas yang indah. Coba pijat belerang Rp 7500 selama 15 menit.
  • Pancuran Telu, Kompleks Lokawisata Baturaden (tepat di pusat kota Baturaden, berdekatan dengan Lokawisata Baturaden). mungkin menjadi sorotan kedua di kota. Layak untuk beberapa foto keren.
  • Telaga Sunyi, Kompleks Lokawisata Baturaden (beberapa kilometer dari pusat kota Baturaden). Sorotan lain dari Baturaden. Mata air dingin dengan air jernih. Dilarang berenang dari segi keamanan.

Kegiatan

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Wisata Baturaden diantaranya yaitu :

Lokawisata Baturaden, Jalan Raya Baturaden 14 km tepat di pusat kota. Tujuan paling terkenal di kota. Berisi banyak wahana, teater terbuka, kebun binatang, air terjun, dan berdekatan dengan Pancuran Telu. Juga memberikan pemandangan yang sangat indah.

Baturaden Adventure Forest (BAF), Baturaden 1 km dari Queen Garden Hotel. Sebuah tujuan ekowisata di wilayah ini, berisi outbond, wahaya petualangan, dan taman botani.

Perkemahan Perhutani, Jalan Pariwisata Baturaden 1 km dari pusat kota. Sebuah camping ground yang luas milik Perhutani. Pemandangan indah dengan hutan hijau di sekitarnya dan sejuknya udara Baturaden dapat membangkitkan kembali semangat dan energi Anda.

Wana Wisata Baturaden, Jalan Pariwisata Baturaden 2 km sebelah timur dari gerbang Lokawisata Sekolah Alam Baturaden. Tempat konservasi yang bagus untuk berbagai jenis tumbuhan dan hewan langka.

Sekolah Alam Baturraden, jalan Pariwisata Baturraden 2 km timur dari gerbang Lokawisata Baturaden). Tempat yang bagus untuk kesenangan dan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *